Selasa, 01 Juni 2010

Gula Kelapa

Gula kelapa merupakan salah satu alternatif bahan pemanis yang dapat digunakan sebagai substitusi pengganti gula. Gula kelapa dibuat dari bahan baku nira kelapa, yaitu cairan atau semacam getah manis yang disadap dari bunga kelapa yang belum mekar. Penyadapan biasanya dilakukan sekali sehari atau dua kali sehari (pagi dan sore). Umumnya pohon kelapa yang diambil niranya adalah pohon kelapa yang jarang berbuah atau tidak produktif.

Sebagian masyarakat menggunakan gula kelapa sebagai bahan untuk bumbu masak karena aroma dan rasanya yang khas karamel palma. Selain itu juga, banyak digunakan dalam industri pengolahan makanan seperti industri pembuatan kecap, industri sirup, industri dodol dan jenang, dan sebagainya. Komposisi kimia dari gula kelapa berupa sukrosa, karbohidrat, lemak, protein, air, kalsium, dan abu.

Adapun cara pembuatan gula kelapa secara tradisional dilakukan dengan cara sebagai berikut : air nira direbus sampai kental (selama kurang lebih 4 jam), kemudian dimasukkan ke dalam cetakan yang terbuat dari tempurung kelapa atau bambu, tergantung dari kebiasaan setempat dan didiamkan selama kira - kira 2 jam. Rendemen gula kelapa rata – rata 14 % atau dari 7 liter air nira akan diperoleh 1 kg gula kelapa.

Sumber : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: